Skip to main content

Pengetahuan Seputar Perkawinan Campuran Indonesia - India

Apa saja yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan perkawinan campuran?
Peraturan akan pernikahan dengan WNA di Indonesia diatur dalam UU Perkawinan No. 1 Tahun 1974, dimana pernikahan yang dilakukan antara WNI dengan WNA disebut sebagai PERKAWINAN CAMPURAN. Berdasarkan hukum di Indonesia UU Perkawinan No 1 Tahun 1974, pernikahan yang sah adalah perkawinan yang sah berdasarkan hukum agama dan dicatatkan oleh negara, yang artinya harus sah baik dimata agama maupun hukum negara. Hal ini juga berlaku jika seorang Warga Negara Indonesia menikah dengan Warga Negara India, selanjutnya disebut perkawinan campuran Indonesia - India.

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk melaksanakan perkawinan campuran Indonesia  India, antara lain: 

💟Tentang Memilih Calon
Memilih pasangan hidup ibarat memilih surga atau neraka. Jika gegabah dalam memilih, neraka ibarat langsung terasa di dunia. Hal ini tentu saja berlaku secara umum, tidak saja pernikahan campuran. Terutama jika perkawinan campuran Indonesia - India yang melibatkan berbagai perbedaan kebudayaan yang mencolok. Untuk meminimalisir berbagai perbedaan, sebaiknya
👉Pilih calon yang seiman.
Agama masih menjadi akar kebudayaan masyarakat baik di Indonesia maupun India. Dengan memilih calon yang seiman, segala potensi konflik dari perbedaan agama dan kebudayaan dapat diminimalisir. Terutama bagi saudara saya sesama MUSLIM (saya harus mengingatkan karena rasa sayang saya) jangan teruskan jika pilihan anda non muslim, kecuali mau menjadi Mualaf. Tidak bermaksud menyinggung SARA dengan tulisan ini, tetapi harus disampaikan meskipun sah secara hukum negara (manusia), hubungan dua orang muslim dengan non muslim tetap dihukumi zina dalam Islam. 
👉Mengenal keluarga masing-masing
Teknologi sekarang memungkinkan dua orang menjalin cinta kasih meskipun belum pernah bertemu secara langsung. Bisa saja dua orang menjadi yakin dengan kepribadian masing-masing dengan bantuan teknologi pula, lalu memutuskan untuk menikah. Akan tetapi, menikah bukan hanya urusan dua orang, ada masing-masing keluarga yang harus diperhatikan. Faktor keluarga bisa menjadi support, bisa juga menjadi potensi masalah di kemudian hari. Bagi yang mengenal pasangan lewat media sosial, mengenal keluarga (ayah/ibu/saudara/sepupu/paman/bibi) juga membantu dalam mengenal pribadi sebenarnya dari pasangan. 
👉Pastikan calon masih single/tidak ada hubungan pernikahan
Hukum negara India tidak memperbolehkan poligami (Berdasar Special Marriage Act 1954 dan Foreign Marriage Act 1969 menyebutkan "neither party has a spouse living/kedua belah pihak tidak memiliki pasangan yang masih hidup"), maka pastikan calon betul-betul single (jejaka/sudah duda/janda). Singlehood letter juga akan diminta saat mengurus dokumen pernikahan di Indian Embassy. 

💟Tentang Pelaksanaan Pernikahan Hingga Sah
Bagi warga negara Indonesia dan warga negara India yang ingin melakukan pernikahan, ada tiga alternatif yang dapat dipilih untuk melakukannya hingga pernikahan dapat dianggap sah di kedua negara.
👉Menikah di Indonesia
Apabila menginginkan pernikahan dilaksanakan di Indonesia, maka tempat yang dituju tergantung agama kedua calon. Hukum Indonesia tidak memperbolehkan pernikahan beda agama, maka kedua calon harus dalam satu keyakinan jika ingin melaksanakan pernikahan di Indonesia.
💞Bagi yang beragama Muslim, pernikahan dilaksanakan (dicatatkan) di KUA, lalu dilegalisasi di Indian Embassy Jakarta.
💞Bagi yang beragama Non Muslim, pernikahan dilaksanakan dan disahkan menurut tata cara keagamaan masing-masing lalu dicatatkan di Kantor Catatan Sipil, lalu dilegalisasi di Indian Embassy Jakarta.
👉Menikah di India
Jika pernikahan dilaksanakan di India, pasangan bisa memilih menggunakan hukum/marriage act sesuai kondisi. Ada Hindu Marriage Act 1955 untuk pasangan Hindu, Christian Marriage Act 1872 untuk pasangan Kristiani, Muslim Marriage Law 1937 untuk pasangan muslim, atau Special Marriage Act 1954 untuk pasangan beda agama. Setelah melaksanakan pernikahan secara hukum India, WNI harus mendaftarkannya di Indonesian Embassy setempat. Sesampainya di Indonesia, pernikahan di luar Indonesia tersebut harus di daftarkan ke Kantor Catatan Sipil domisili setempat. 
👉Menikah di Negara Ketiga (bukan Indonesia bukan India)
Apabila pernikahan dilakukan di negara ketiga, maka sesuai hukum negara tersebut. Setelah itu di daftarkan di Embassy Indonesia maupun Indian Embassy di negara tersebut. Untuk selanjutnya, di Indonesia harus didaftarkan di Kantor Catatan Sipil domisili setempat. 

💟Tentang Kewarganegaraan Setelah Perkawinan
Secara umum, kewarganegaraan istri mengikuti suami. Akan tetapi, Misal WNI wanita(istri) menikah dengan pria India(suami), kewarganegaraan istri tetap Indonesia selama dia tidak mengajukan pelepasan(surrender) kewarganegaraanya melalui Kemenlu, sehingga masih tetap WNI dan berhak memegang passport Indonesia. 

💟Tentang Visa Indonesia India
Setelah pernikahan, menjadi impian semua pasangan untuk tinggal bersama. Akan tetapi, bagi pasangan pelaku perkawinan campuran tinggal bersama bukan perkara mudah dan gratis 😋😝Meskipun pasangan WNA sudah bukan orang asing lagi bagi diri sendiri ciyeee 😂tetapi bagi negara masih menjadi orang asing, dimana setiap orang asing yang memasuki negara harus mengantongi VISA (cari pakai uang tentunya 😉
👉Tinggal di Indonesia
Jika tinggal bersama di Indonesia, ada beberapa alternatif visa bagi WNA India pelaku perkawinan campuran Indonesia-India, yaitu :
💞Free Tourist Visa untuk 30 hari, jika hanya berkunjung paling lama 30 hari (Perpres RI No 104 Tahun 2015 tentang perubahan atas Perpres No 69 Tahun 2015 tentang bebas visa kunjungan)
💞VOA (visa on arrival) untuk 30 hari dan dapat diperpanjang 1 kali
💞Visa Visit (kunjungan)untuk 60 hari, ada yang sekali entry ada multiple entry
💞Visa Sosbud untuk 60 hari, diperpanjang sampai 4 kali setiap 30 hari
💞Vitas (Visa Tinggal Terbatas) 1 - 2 tahun yang bisa di convert ke Kitas (dan lalu Kitap)
👉Tinggal di India
Berbeda dengan Indonesia yang memberi fasilitas free visa untuk WNA India, India tidak memberikan fasilitas free visa. Akan tetapi ada fasilitas visa lain yang berguna bagi para WNI pelaku perkawinan campuran Indonesia-India, yaitu :
💞E Tourist Visa untuk 60 hari multiple entry
Baca Juga : Step by Step Cara Mencari E Tourist Visa Cukup Dari Rumah
💞X entry visa untuk 1 tahun dapat diperpanjang
💞OCI (Overseas Indian Citizenship) untuk seumur hidup

💟Tentang Kewarganegaraan Anak
Dalam hukum Indonesia UU No 12 Tahun 2006 anak keturunan perkawinan campur WNI dengan WNA berhak memegang kewarganegaraan ganda sampai usia 18 tahun. Akan tetapi, berdasarkan hukum India, tidak diperbolehkan memiliki kewarganegaraan ganda. Konsekuensinya, anak hasil perkawinan campuran Indonesia India hanya boleh memiliki salah satu kewarganegaraan (Indonesia atau India saja) dan memegang 1 passport saja, Passport Indonesia atau passport India. Meskipun demikian, anak tersebut sebaiknya didaftarkan untuk pemegang sertifikat kewarganegaraan ganda di Kantor Imigrasi atau Indonesia Embassy karena nanti sertifikat tersebut berguna untuk membuat passport Indonesia atau affidavit (jika pemegang passport asing).

Karena diharuskan hanya memiliki salah satu kewarganegaraan dan memegang satu passport, ada dua alternatif pilihan untuk anak agar tetap bisa keluar masuk bahkan tinggal  Indonesia maupun India dengan mudah tanpa visa, yaitu :
💞Memilih kewarganegaraan Indonesia, memegang passport Indonesia dilengkapi dengan OCI (overseas citizen of India)
💞Memilih kewarganegaraan India, memegang passport India dengan dilengkapi affidavit.
*Affidavit adalah Fasilitas keimigrasian (faskim) yang disatukan/dilekatkan pada passport asing yang memuat keterangan sebagai anak berkewarganegaraan ganda terbatas (sampai usia 18 tahun paling lambat 3 tahun sesudahnya). Faskim/affidavit ini berfungsi sebagai visa masuk Indonesia untuk anak pemegang passport asing. Affidavit bisa diajukan sesudah anak didaftarkan sebagai pemegang kewarganegaraan ganda di Kantor Imigrasi di Indonesia (berbentuk kartu) atau Indonesia Embassy di luar negeri (berbentuk surat) dan sesudah memegang passport asing.

💟Tentang Hak Milik
Segala harta benda yang dimiliki sorang laki-laki dan yang dimilki seorang perempuan akan menjadi harta bersama atau "harta gono gini" berdasar Kitab UU Hukum Perdata Pasal 119. Dalam UU Perkawinan No 01 Tahun 1974 harta bersama dimaksudkan adalah semua harta yang diperoleh selama perkawinan. 

Akan tetapi menurut hukum di Indonesia (UU Pokok Agraria), WNA dilarang memiliki harta berupa tanah/properti di Indonesia. Begitu pula WNI yang pelaku perkawinan campuran dengan WNA. Hal ini sesuai dengan logika, jika harta istri nanti akan menjadi harta bersama, tanpa perceraian dan pembagian harta gono-ginipun, WNA ikut memiliki properti/tanah Indonesia, sedangkan hal itu dilarang. 

Bagi WNI pelaku perkawinan campuran yang memiliki tanah/properti di Indonesia, setidak-tidaknya satu tahun sesudah perkawinan harus melepas hak kepemilikan tersebut, dengan cara dijual atau dihibahkan. Bila tidak, maka tanah/properti tersebut akan menjadi milik negara. 

Untuk menghindari pelepasan hak milik atas semua properti/lahan, maka dapat di buat perjanjian pernikahan (Nuptial Agreement). Secara garis besar, isi dari perjanjian pernikahan adalah pemisahan harta antara suami istri, sehingga harta-harta tetap menjadi kepunyaan masing-masing pihak dan tidak akan menjadi harta gono-gini (dibagi dua) saat terjadi perceraian. Sehingga WNI pelaku pernikahan campuran tetap berhak memiliki properti/lahan di Indonesia. 

Perjanjian pernikahan dapat dibuat sebelum pernikahan (prenuptial agreement/perjanjian pranikah) dan dapat pula dibuat selama pernikahan (postnuptial agreement). Silahkan hubungi notaris untuk konsultasi lebih lengkap tentang perjanjian nikah dan implikasi hukumnya, serta klausul-klausul isi dalam perjanjian nikah tersebut. 

Nah, sudah betul-betul mantabkah menapaki jalan di atas? Pernikahan adalah ibadah, menggenapkan separuh ibadah, so harus dilakukan dengan ilmu dan niat ibadah pula 💑💕





Comments

  1. Halo mbak Anne, isi blog ini sangat bermanfaat. Suami saya orang India. Bisakah mbak Ane bantu saya jelaskan proses register pernikahan kami di India? Kami sudah melegaliasi di 3 kementerian dan kedubes India, tapi belum sempat meregistrasi di India.

    Lalu apakah benar untuk registrasi pernikahan di India baru bisa di lakukan 2 tahin setelah menikah? Untuk mnambah informasi, saya dan suami berencana untuk tinggal di indonesia

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ami, terimakasih apresiasinya

      Secara Hukum, pernikahan WN India di luar negeri yang telah di legalisir di Indian Embassy setempat berarti sudah sah di kedua negara. Saya pun hanya melakukan seperti apa yang mba lakukan, alias tidak meregister lagi di India.

      Tetapi jika mau meregister di India, cukup bawa dokumen pernikahan, saksi dua orang, foto berdua, ke Register Office, nanti menunggu sekitar 30 - 45 hari lalu mendapat special marriace certificate.

      Tidak benar kalau register pernikahan harus menunggu 2 tahun.

      Yang benar, jika mba ingin mengajukan OCI untuk diri mba agar bisa tinggal di India tanpa visa, maka salah satu syarat OCI ini pernikahan harus sudah berusia 2 tahun. Silahkan baca post saya tentang OCI. Semoga membantu

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

100+ Nama Plus Gambar Bumbu & Sayur Bahan Dapur Dalam Bahasa Inggris 1: English Dictionary

Bingung nama-nama bumbu dan sayur bila harus belanja bahan dapur di luar negeri? Saya sendiri tidak menyadari pentingnya belajar nama-nama bahan dapur sampai saya mengalami sendiri, harus tinggal di luar negeri. Saat harus belanja kebutuhan dapur, kadang bingung menanyakan pada penjual apakah mereka punya bahan yang kita inginkan.  So, saya buat catatannya di bawah ini, sekaligus agar mudah diakses dimanapun. Beberapa bahan bukan khas bahan Indonesia, so saya sertakan pula gambar sebagai pengetahuan tambahan 😍 NO GAMBAR NAMA INDONESIA NAMA INGGRIS 1 Garam Salt 2 Gula Sugar 3 Gula Merah/Jawa Palm Sugar 4 Gula Tebu Cane Sugar 5 Kunyit Turmeric 6 Kencur Kaempferia Galanga/Sand Ginger 7 Jahe Ginger 8 Lengkuas Galangal 9 Temu Kunci Fingerroot 10 Lempuyang Zingiber Zerumbet 11 Temulawak Java ginger 12 Kemiri Candle Nuts/Huzzlenut 13 Pala Nutmeg 14 Bunga Pala Mace 15 Ketumbar Coriander 16 Merica/lada Pepper 17 Kapulaga Cardamom 18 Kayu Manis Cinnamon 19 Jinten Cumin/C

Menentukan Akar Bilangan dengan Pohon Faktor

Menentukan akar pangkat dua dan akar pangkat tiga dengan Pohon Faktor. Jika pada posting sebelumnya saya share cara menentukan akar pangkat dua dan akar pangkat tiga dengan tips cepat, kali ini saya share cara menentukan akar pangkat dua dan akar pangkat tiga dengan pohon faktor.  Kelebihan cara pohon faktor ini adalah dapat digunakan untuk mencari akar pangkat dua dari bilangan kuadrat berapapun, dan untuk mencari akar pangkat tiga dari bilangan kubik berapapun. Tidak seperti cara sebelumnya yang hanya terbatas sampai bilangan kuadrat 10.000 dan bilangan kubik 1.000.000. Untuk postingan sebelumnya dapat dibaca  di sini : Cara Mudah dan Cepat Mencari Akar Pangkat Mencari akar pangkat dua dengan pohon faktor contoh cara mencari akar pangkat dua dengan pohon faktor 1. Membuat pohon faktor. Pohon faktor dibuat seperti nampak pada gambar dengan tujuan lebih menghemat tempat. 2. Menuliskan faktorisasi prima dari bilangan kuadrat tersebut. 3. Untuk menentukan akar pangkat

100+ Nama Plus Gambar Bumbu & Sayur Bahan Dapur Dalam Bahasa Inggris 2 : English Dictionary

Bingung nama-nama bumbu dan sayur bila harus belanja bahan dapur di luar negeri? Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya, tentang nama-nama bahan dapur dalam Bahasa Inggris disertai dengan gambar. Kembali ke postingan sebelumnya : No 1 - 60 Nama Bumbu & Sayur Dalam Bahasa Inggris. NO GAMBAR NAMA INDONESIA NAMA INGGRIS 61 Cuka Vinegar 62 Ragi Yeast 63 Ebi Dried Shrimp 64 Kacang Hijau Moong Bean/Green Bean 65 Kacang Almond Almond Nut 66 Kacang Tanah Peanut 67 Kacang Merah Kidney Bean 68 Kacang Mete Cashew Nut 69 Kacang Polong Peas 70 Kacang Panjang Yardlong Bean 71 Kacang Kapri Snap Pea 72 Selasih Basil Seed 73 Minyak Kelapa Palm Oil 74 Minyak Wijen Sesame Oil 75 Minyak Zaitun Olive Oil 76 Kecap Asin Salty Soy Sauce 77 Kecap Manis Sweet Soy Sauce 78 Saus Tiram Oyster Sauce 79 Bayam Spinach 80 Sawi Green Mustard 81 Jantung Pisang Banana Bud 82 Terong Eggplant 83 Kentang Potato 84 Jamur Mushroom 85 Mentimun Cucumber 86 Mentimun Jepang

Proses Pernikahan Campuran Wanita Indonesia dan Pria India Secara Islam

Menikah adalah Ibadah! Bagi muslim, pernikahan merupakan ibadah yang menggenapkan separuh agama. Perkawinan dalam Kompilasi Hukum Islam dinyatakan syah apabila dilakukan menurut hukum Islam.   Menurut hukum Islam, suatu perkawinan dinyatakan syah apabila memenuhi syarat dan rukun nikah.  Syarat Nikah Untuk syarat nikah meliputi syarat calon suami, syarat calon istri, syarat wali, syarat saksi, dan syarat Ijab Qobul. (Akan penulis jabarkan pada postingan tersendiri) Rukun Nikah 1. Calon suami 2. Calon istri 3. Wali dari calon istri (pengantin perempuan) 4. Saksi 5. Sighot atau akad Ijab dan Qobul Agar terjamin ketertiban perkawinan bagi masyarakat Islam setiap perkawinan harus dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah untuk mendapatkan Akta Nikah. Agar dapat dicatat, maka perkawinan harus dilangsungkan di hadapan dan di bawah pengawasan Pegawai Pencatat Nikah. Pegawai Pencatat Nikah yang dimaksud adalah Petugas Kantor Urusan Agama (KUA). Mendaftarkan rencana perkawi

Trik Tombol Keyboard & Rahasia Fungsinya Secara Lengkap

Ingin mengakses komputer atau mengetik secara lebih cepat? Gunakan fungsi tombol keyboard! Keyboard merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer dengan berbagai macam tombol dengan fungsi berbeda-beda. Keyboard menjadi alat perintah vital bagi komputer  agar bekerja sesuai perintah, misal membuka menutup dokumen, mengetik,  perintah print out (mencetak dokumen) dan mengakses semua hal yang berhubungan dengan komputer.  Ada beberapa macam cara kerja tombol-tombol keyboard. Ada operasi yang hanya membutuhkan satu tombol, ada yang dua atau tiga tombol sekaligus. Contoh: jika kita tombol "C" maka terketik huruf C, akan tetapi jika kita tombol "ctrl+C" (tombol ctrl ditobol bersama tombol C) maka perintah yang diterima komputer menjadi mengcopy atau menyalin. Mengarahkan pointer menuju icon copy pada layar komputer membutuhkan waktu lebih lama dibanding menombol  "ctrl+C". Jadi, menggunakan trik tombol keyboard akan mempercepat kita dalam mengakses

Media Belajar : Dakon Satuan Untuk Mengubah Satuan Panjang

Mengubah Satuan Panjang dengan Dakon Satuan, mudahkah? Satuan baku untuk panjang dalam Sistem Internasional adalah meter (m). Turunan dari satuan meter termasuk kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).  Urutan tangga konversi satuan-satuan tersebut adalah : km - hm - dam - m - dm - cm - mm.  Urutan tersebut berurutan dari ukuran yang paling besar sampai ukuran yang terkecil, dimana ukuran satuan di sebelah kiri 10 kali lipat daripada ukuran satuan  yang tepat di sebelah kanannya. Contoh : 1 km = 10 hm.  Dari pengertian sederhana di atas, para guru menggunakan media tangga satuan dan sering diperdengarkan "jika turun satu tangga kali 10 jika naik tangga bagi 10". Akan tetapi instruksi sederhana ini kadang menjadi hal yang sulit diproses oleh pemikiran siswa terutama siswa tingkat dasar.  Baca juga   Media Belajar Dakon Satuan Alternatif lain yang dapat digunakan yaitu Media Belajar DAKON SATUAN. Seperti apaka

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris : T I M E (Membaca Jam)

Belajar dan Mengajarkan Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris itu mudah! Penyebutan waktu ada dua jenis, yaitu sistem 24 jam dan sistem 12 jam. Indonesia menggunakan sistem 24 jam. Tempat-tempat yang menggunakan Bahasa Inggris menggunakan sistem 12 jam, yakni hanya menyebutkan waktu sampai pada angka 12 saja, sesuai dengan jumlah angka pada jam. Pembedanya ada pada istilah "a.m" (ante meridiem / before midday) dan "p.m" (post meridiem / past midday).  ➽Pukul 24.00 - 11.59 digunakan a.m.  ➽Pukul 12.00 - 23.59 digunakan p.m. Tips Mudah Belajar Penyebutan Waktu Beberapa tips dan langkah mudah untuk menyebutkan waktu dalam Bahasa Inggris, sebagai berikut : 🔀Hafal angka mulai 1 - 59 dalam Bahasa Inggris baik penulisan maupun pengucapan. 🔀Identifikasi angka jam dan angka menit . 🔀Ucapkan menit dulu baru angka jam . 🔀 Menggunakan tiga istilah, yaitu O'clock , past , atau to . 🔀Gunakan istilah a half untuk 30 menit dan a quarter un

Membuat Sertifikat Siswa Mudah dan Cepat dengan Mail Merge

Tugas menggunung memaksaku belajar! Well, sebagai seorang guru di satu SD Negeri di daerah, juga diberi tanggung jawab sebagai Operator Sekolah_Ops istilah kerennya_ sambil kibas rambut 🙆, tidak hanya memiliki tanggung jawab di kelas, saya juga diberi "kesempatan" ( baca: tugas tambahan ) untuk mengelola administrasi di sekolah. Operator Sekolah ini pada awalnya diberi SK hanya untuk meng-entry-kan data pada Aplikasi Dapodik dan sinkronisasi online, pokoknya segala tetek bengek Dapodik. Akan tetapi, dengan ketidak adanya tata usaha (TU) di SD, ya akhirnya Ops memperoleh "kesempatan" lebih lagi 😆 alias sebagian besar administrasi sekolah, Ops lah yang sikat, wuuuuzzzz!  Eiiittsss, Bukan mengeluh ya! Saya ajak siapapun yang menjadi Ops bangga, bersyukur, kalau perlu tasyakuran beneran 😂 Saya merasakan sendiri, meski kadang kehabisan tenaga mengerjakan tugas-tugas yang bahkan harus tidak jarang harus dibawa pulang, saya dipaksa belajar dan terus belaj

Cara Mudah Mencari Akar Pangkat Dua dan Akar Pangkat Tiga

Menentukan Akar Pangkat Dua dan Akar Pangkat Tiga. Cara mudah menentukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat (100 - 10.000) Agar dapat menentukan akar pangkat dua suatu bilangan, perlu untuk menghafal bilangan kuadrat dari 0 - 81 sebagai berikut: Untuk menentukan akar pangkat dua suatu bilangan, ikuti langkah berikut: 1. Tulis bilangan kuadrat yang akan dicari nilai akarnya dengan memberi titik setelah angka kedua dari belakang.  (7.396 ditulis 73.96). 2. Untuk bilangan yang di depan titik, cari bilangan kuadrat yang sama atau kurang dari (yang terbesar) dan tuliskan di bawahnya.  (64 adalah bilangan kuadrat terbesar kurang dari 73. 64 berasal dari 8 kuadrat). 3. Untuk bilangan yang di belakang titik, perhatikan angka satuan, carilah bilangan kuadrat yang angka satuannya sama. Jika yang sama ada dua maka tulis keduanya. (angka satuan 6, bilangan kuadrat yang berangka satuan 6 adalah 16 dari 4 kuadrat dan 36 dari 6 kuadrat). 4. Jika terdapat dua kemung

Media Belajar : Dakon Satuan Untuk Mengubah Satuan Berat

Mengubah Satuan Berat dengan Dakon Satuan, mudahkah? Satuan baku untuk beratdalam Sistem Internasional adalah gram (g). Turunan dari satuan gram termasuk kilogram (kg), hektogram (hg), dekagram (dag), desigram (dg), centigram (cg), dan miligram (mg).  Urutan tangga konversi satuan-satuan tersebut adalah : kg - hg - dag - g - dg - cg - mg.  Urutan tersebut berurutan dari ukuran yang paling besar sampai ukuran yang terkecil, dimana ukuran satuan di sebelah kiri 10 kali lipat daripada ukuran satuan  yang tepat di sebelah kanannya. Contoh : 2 hg = 20 dag. Selain tujuh satuan di atas, dalam pengukuran berat juga gunakan satuan ton dan kuintal. 1 ton = 10 kuintal = 1000 kg. Dari pengertian sederhana di atas, para guru menggunakan media tangga satuan dan sering diperdengarkan "jika turun satu tangga kali 10 jika naik tangga bagi 10". Akan tetapi instruksi sederhana ini kadang menjadi hal yang sulit diproses oleh pemikiran siswa terutama siswa tingkat dasar. Baca pula Media Bel