Skip to main content

Terkejutku Tentang Surga Dunia Kashmir | Kashmir Part 1

Ada surga di dunia? Terkejut bukan hal yang aneh!

Kashmir, sampai abad 19 istilah Kashmir digunakan untuk menunjukkan wilayah lembah Kashmir diantara Pegunungan Himalaya dan Pir Panjal Range. Sekarang, Istilah Kashmir mencakup wilayah yang lebih besar yang dikuasai 3 negara, yaitu India, Pakistan dan China. Wilayah Jammu, Lembah Kashmir, Ladakh, dan Siachen dikuasai India. Wilayah Azad Kashmir dan Gilgit-Baltistan dikuasai oleh Pakistan. Sedangkan Aksai Chin dan Trans Karakoram Tract dikuasai oleh China. Nah, liputan kali ini terutama hanya akan membahas tentang Lembah Kashmir, ya!
Map of Kashmir
Map of Kashmir | Source : Wikipedia
Kashmir, kalaupun betul ada surga di dunia ini, Kashmir lah tempatnya. Begitu orang sering membuat perumpamaan untuk sebuah tempat yang berada di State Jammu&Kashmir, wilayah North India. Tidak berlebihan memang bila orang menyebut Kashmir sebagai surga dunia. Keindahan alam yang luar biasa, kesuburan alamnya, serta banyaknya situs-situs peninggalan, taman-taman, menambah keindahan tempat yang hanya berupa lembah ini. Tidak ketinggalan pula culture masyarakatnya yang akan membuat semakin terkejut.


😲Terkejutku yang pertama😲
Banyak orang/travellers menyatakan keengganannya mengunjungi Kashmir, walaupun mereka sangat menginginkan. Ketakutan pertama pasti : aman tidak? Serem, kan banyak tentara militer di sana? Sering perang? Sereeem deh!
Ketakutan-ketakutan di atas wajar, dan memang banyak tentara dimana-mana. Bahkan, Peter Coleman dalam bukunya The Five Percent (2011) menuliskan: Kasmir is widely regarded as the world's most militarized zone_tempat paling termiliterisasi di dunia. Saya pun sempat takut, dengan berbagai berita di media massa tentang Kashmir. Tetapi setelah mengunjungi Kashmir dan mengalami sendiri, Sungguh terkejut!

Kashmir is totally safe and fun for visitors! Memasuki airport, foreigners sudah disambut oleh petugas dan diberi form untuk diisi (nama, tempat stay, lama stay, dll) dan di submit kembali. Hal ini merupakan double checking untuk memastikan keamanan para pengunjung (foreigners). Ceritanya, pernah ada visitor dari Swiss, tidak kembali, ternyata ditemukan meninggal membeku saat ski di pegunungan. Satu lagi, proses checking yang tidak saya temui di airport lain. Saat kita akan terbang meninggalkan Kashmir, setelah check in baggage, kita diminta untuk masuk ke ruang baggage dan menunjukkan barang kita, meskipun sudah ada tagname nya. Barang bagasi penumpang tidak akan diangkut ke baggage car untuk dibawa ke pesawat sebelum di claim oleh pemiliknya. Suatu proses untuk memastikan bagai penumpang terbawa serta, tidak salah pesawat.

Public places, seperti rumah sakit, bank, gedung pemerintahan, bahkan lapangan merupakan tempat wajib terlihatnya tentara militer   dengan pakaian dan senjata lengkap, lebih-lebih area airport. Untuk keluar dari airport tidak terlalu rumit. Tetapi untuk masuk area airport (masih di jalan masuk airport, bukan airportnya) mobil akan di check mesin, seluruh penumpang dan bawaan harus keluar, melewati body and baggage scanner, baru lanjut perjalanan masuk area airport. Wajar, semua demi keamanan bersama, asal tidak membawa barang berbahaya, just easy going!

Military army berdiri tegak berjajar di jalan-jalan adalah hal yang wajar dilihat, bahkan di tourism area. Takut? Saya malah terkejut! Saya asyik-asyik saja naik motor, tanpa helm lagi, di jalan-jalan utama termasuk boulevard sepanjang Dal Lake melewati jejeran army-army tadi 😎😂Tidak ada yang menilang, tidak ada army yang menghentikan! Jadi selama kita jalan-jalan saja menikmati keindahan Kashmir, NO WORRY! Jadi sekali lagi aku ulangi, KASHMIR AMAN UNTUK TUJUAN TRAVELLING!

😲Terkejutku yang kedua😲
India di jalanan, Eropa di tourism places, Japan di rumah. Begitu yang aku dengar saat ngobrol dengan salah satu foreigner tourist, dan benar juga. Jika melihat kondisi jalan dan apa yang ada di atasnya, benar-benar incredible India. Jalan-jalan utama di kota Srinagar nampak kumuh, galian disana-sini. Bahkan jalan menuju airport pun seperti jalan di kampungku, ditambah lagi adanya military army dimana-mana. Jarang nampak kendaraan kinclong, kebanyakan berdebu, kotor. Hujan turun tak sesering di Indonesia mungkin menjadi faktor penampakan di jalan-jalan.

Penampakan yang berbeda 180 derajad akan terlihat jika sudah memasuki tourism area.  Di Srinagar, ada beberapa taman bergaya Mughal yang keindahannya tak kalah dengan taman-taman di Eropa. Ada Nishaat Garden, Botanical Garden, Shalimar Garden, dan  Harwan Garden. Ada pula Kastil Tua Pari Mahal untuk melihat seluruh Srinagar, dan juga Chasmasahi dengan sumber mata air dengan kualitas air terbaik.  Ada Dal Lake dengan Shikara (boat) dan house boat yang unik. Belum lagi jika berkunjung saat winter (musim dingin) ke Gulmarg, Sonamarg, dan Pahalgam. Keindahan alam yang terselimuti salju, dan semua jenis sport yang biasanya dinikmati di Eropa, muncul disini. Bahkan, jika berkunjung di akhir spring (sekitar bulan April), festival Tulip juga ada. 
Ini bukan di Eropa, ini Kashmir

Bagi yang lebih suka tinggal di local house daripada hotel saat mengunjungi Kashmir, maka akan terasa sekali suasana Japan nya. Rumah tanpa meubelair meja kursi tamu dan ranjang biasa dijumpai di rumah local asli Kashmiri. Seluruh lantai di dalam rumah dilapisi dengan karpet berlapis-lapis (eh ini Eropa ya?) dan disanalah semua kegiatan keluarga di lakukan, mulai menyambut tamu, makan bersama, hingga tidur. Seperti orang Jepang, mattress dan selimut untuk tidur digelar bila akan digunakan saja, jika tidak digunakan disimpan di almari besar. Oh ya, beda dengan Indonesia, di sini semua almari menempel di dinding dibuat bersamaan saat pembuatan rumah. Toilet di setiap kamar mandi pasti dua jenis, toilet jongkok dan toilet duduk. Ceritanya, Kashmiri lebih suka menggunakan toilet jongkok, tetapi dipasang juga toilet duduk untuk para orang tua. 


😲Terkejutku yang ketiga😲
Jika suatu saat menjadi tamu di sebuah keluarga Kashmiri, jangat kaget mengetahui bagaimana Kashmiri menyambut tamu! Biar aku saja 😂😋
Pertama, untuk keluarga Muslim, gerakan tangan ini adalah a big No no!
Sebagaimana di Indonesia, gerakan tangan ini sering digunakan untuk menghindari berjabat tangan dengan selain mahram sambil mengucap salam. Tetapi, jangan pernah lakukan gerakan tangan ini saat mengucap salam dengan Muslim Kashmiri. Kahmiri Muslim menganggap ini adalah gerakan milik orang Hindu. Cukup ucapkan salam yang jelas, tanpa gerakan tangan tanpa menunduk, tetapi dengan senyum semanis mungkin 😇

Kedua,
Sangat umum ruang tamu rumah Kashmiri tanpa meubelair kursi. Ruang tamu atau ruang keluarga, pun juga ruang makan, berlapis karpet dengan bantal sandaran "taki". Ini bukan karena faktor ekonomi (tidak bisa beli atau apa) tetapi karena memang kebiasaan duduk lesehan lebih nyaman untuk Kashmiri. Nah, jika saat datang di ruang tamu sudah ada orang duduk di sana, santai saja jalan menuju tempat ber "taki" yang masih kosong. Jangan seperti saya😜 
Sebagai orang Jawa (walaaaa bawa bawa suku..) sempat bingung saya disuruh duduk diantara para sesepuh (saudara bapak dan ibu mertua) yang sudah duduk terlebih dahulu. Otomatis Jawa saya keluar, jalan pakai lutut agar tidak terkesan melangkahi orang yang lebih tua. eeetttdaaaaa ditertawakan 😝😢 Ternyata, suami jalan saja melenggang kangkung di depan para sesepuh, dan itu bukan tidak sopan ya.

ketiga, 
Cara tuan rumah menyambut tamu dengan hidangan juga berbeda. Baca dulu sebelum dibuat terkejut atau kelimpungan jika mengalami 😆
Saat tamu datang, pertama akan dihidangkan minuman yang segar, juice misalnya. Saat juice datang dalam nampan, segera minum dan habiskan jika memang ingin meminumnya, atau segera bilang tidak jika tidak menginginkan. Karena suguhan pertama ini akan segera di "singkirkan" dan disusul dengan suguhan berikutnya. Ingat, segera habiskan, jangan seperti kita minum sedikit demi sedikit sampai nanti mau pulang,  yaaa kaan, hehehe seperti saya maksudnya😅

Hidangan berikutnya yang akan dihidangkan adalah Chai lengkap dengan atributnya. Tahu Chai kan? Yup, minuman yang berbahan dasar teh dan susu, racikan tiap-tiap keluarga mungkin berbeda. Atribut dari chai akan bermacam-macam, dari mulai roti, berbagai macam biscuits dan dry fruits. Naaaa, silakan menikmati sepuasnya, bahkan kalau chai dalam cangkir habis bisa tambah. Sepuasnya....karena hidangan ini akan segera "disingkirkan" juga kalau memang tamu sudah berhenti menikmati. 

So, intinya, jangan kaget atau merasa "kok begini, kok ga sopan, kok pelit" 😝jika mengalami hidangan di "singkirkan" sebelum tamu pulang. Hikmahnya, setelah menikmati hidangan, tamu dan tuan rumah bisa melanjutkan obrolan tanpa riweh hidangan, apalagi kalau membawa anak kecil. Yaaaa khaaaannnn...

Keempat,
Jika berkesempatan menikmati wazwan, ini akan lebih mengejutkan lagi. Wazwan adalah istilah untuk hidangan khas Kashmir, terdiri dari nasi dilengkapi beberapa jenis lauk yang terbuat dari mutton (daging kambing), ayam, juga sayur (kentang, jamur). 
Wazwan dihidangkan dalam piring Chopper besar, biasanya untuk 4 orang. Nasi dan lauk lengkap dihidangkan, lalu akan dituang lagi dan lagi lauk yang lain sampai sekitar 15 jenis lauk terhidangkan semua. Yummmmmm. eiiiiit tetapi, wazwan dinikmati dengan tangan kosong ya, alias tanpa sendok garpu. 
Nah, cara makan orang Kashmir memang tanpa sendok garpu. Duduk manis bersila, tuan rumah akan menghamparkan Dastar Khwuan (alas makan), mengguyurkan air untuk cuci tangan, lalu dimulailah proses santapan. O ya, jangan heran pula kalau mendapati orang menjilat jari jemarinya setelah selesai makan. Sudah menjadi kebiasaan karena mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW juga.  Setelah selesai bersantap, tuan rumah akan mengguyurkan air lagi untuk cuci tangan.
Satu lagi, hidangan wazwan yang sampai 15 jenis lauk tadi boleh lo dibawa pulang 😁 Karena memang saking melimpahnya, tuan rumah sudah akan menyediakan bungkus, apabila ada diantara lauk yang ingin dibawa pulang. Perut-perut seperti saya bisa jadi bawa pulang tiga kantong lauk wazwan 😜😎

Masih banyak lagi yang buat terkejut tentang Kashmir, akan bersambung pada posting berikutnya 💃💃💃



Comments

Popular posts from this blog

100+ Nama Plus Gambar Bumbu & Sayur Bahan Dapur Dalam Bahasa Inggris 1: English Dictionary

Bingung nama-nama bumbu dan sayur bila harus belanja bahan dapur di luar negeri? Saya sendiri tidak menyadari pentingnya belajar nama-nama bahan dapur sampai saya mengalami sendiri, harus tinggal di luar negeri. Saat harus belanja kebutuhan dapur, kadang bingung menanyakan pada penjual apakah mereka punya bahan yang kita inginkan.  So, saya buat catatannya di bawah ini, sekaligus agar mudah diakses dimanapun. Beberapa bahan bukan khas bahan Indonesia, so saya sertakan pula gambar sebagai pengetahuan tambahan 😍 NO GAMBAR NAMA INDONESIA NAMA INGGRIS 1 Garam Salt 2 Gula Sugar 3 Gula Merah/Jawa Palm Sugar 4 Gula Tebu Cane Sugar 5 Kunyit Turmeric 6 Kencur Kaempferia Galanga/Sand Ginger 7 Jahe Ginger 8 Lengkuas Galangal 9 Temu Kunci Fingerroot 10 Lempuyang Zingiber Zerumbet 11 Temulawak Java ginger 12 Kemiri Candle Nuts/Huzzlenut 13 Pala Nutmeg 14 Bunga Pala Mace 15 Ketumbar Coriander 16 Merica/lada Pepper 17 Kapulaga Cardamom 18 Kayu Manis Cinnamon 19 Jinten Cumin/C

Menentukan Akar Bilangan dengan Pohon Faktor

Menentukan akar pangkat dua dan akar pangkat tiga dengan Pohon Faktor. Jika pada posting sebelumnya saya share cara menentukan akar pangkat dua dan akar pangkat tiga dengan tips cepat, kali ini saya share cara menentukan akar pangkat dua dan akar pangkat tiga dengan pohon faktor.  Kelebihan cara pohon faktor ini adalah dapat digunakan untuk mencari akar pangkat dua dari bilangan kuadrat berapapun, dan untuk mencari akar pangkat tiga dari bilangan kubik berapapun. Tidak seperti cara sebelumnya yang hanya terbatas sampai bilangan kuadrat 10.000 dan bilangan kubik 1.000.000. Untuk postingan sebelumnya dapat dibaca  di sini : Cara Mudah dan Cepat Mencari Akar Pangkat Mencari akar pangkat dua dengan pohon faktor contoh cara mencari akar pangkat dua dengan pohon faktor 1. Membuat pohon faktor. Pohon faktor dibuat seperti nampak pada gambar dengan tujuan lebih menghemat tempat. 2. Menuliskan faktorisasi prima dari bilangan kuadrat tersebut. 3. Untuk menentukan akar pangkat

100+ Nama Plus Gambar Bumbu & Sayur Bahan Dapur Dalam Bahasa Inggris 2 : English Dictionary

Bingung nama-nama bumbu dan sayur bila harus belanja bahan dapur di luar negeri? Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya, tentang nama-nama bahan dapur dalam Bahasa Inggris disertai dengan gambar. Kembali ke postingan sebelumnya : No 1 - 60 Nama Bumbu & Sayur Dalam Bahasa Inggris. NO GAMBAR NAMA INDONESIA NAMA INGGRIS 61 Cuka Vinegar 62 Ragi Yeast 63 Ebi Dried Shrimp 64 Kacang Hijau Moong Bean/Green Bean 65 Kacang Almond Almond Nut 66 Kacang Tanah Peanut 67 Kacang Merah Kidney Bean 68 Kacang Mete Cashew Nut 69 Kacang Polong Peas 70 Kacang Panjang Yardlong Bean 71 Kacang Kapri Snap Pea 72 Selasih Basil Seed 73 Minyak Kelapa Palm Oil 74 Minyak Wijen Sesame Oil 75 Minyak Zaitun Olive Oil 76 Kecap Asin Salty Soy Sauce 77 Kecap Manis Sweet Soy Sauce 78 Saus Tiram Oyster Sauce 79 Bayam Spinach 80 Sawi Green Mustard 81 Jantung Pisang Banana Bud 82 Terong Eggplant 83 Kentang Potato 84 Jamur Mushroom 85 Mentimun Cucumber 86 Mentimun Jepang

Proses Pernikahan Campuran Wanita Indonesia dan Pria India Secara Islam

Menikah adalah Ibadah! Bagi muslim, pernikahan merupakan ibadah yang menggenapkan separuh agama. Perkawinan dalam Kompilasi Hukum Islam dinyatakan syah apabila dilakukan menurut hukum Islam.   Menurut hukum Islam, suatu perkawinan dinyatakan syah apabila memenuhi syarat dan rukun nikah.  Syarat Nikah Untuk syarat nikah meliputi syarat calon suami, syarat calon istri, syarat wali, syarat saksi, dan syarat Ijab Qobul. (Akan penulis jabarkan pada postingan tersendiri) Rukun Nikah 1. Calon suami 2. Calon istri 3. Wali dari calon istri (pengantin perempuan) 4. Saksi 5. Sighot atau akad Ijab dan Qobul Agar terjamin ketertiban perkawinan bagi masyarakat Islam setiap perkawinan harus dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah untuk mendapatkan Akta Nikah. Agar dapat dicatat, maka perkawinan harus dilangsungkan di hadapan dan di bawah pengawasan Pegawai Pencatat Nikah. Pegawai Pencatat Nikah yang dimaksud adalah Petugas Kantor Urusan Agama (KUA). Mendaftarkan rencana perkawi

Trik Tombol Keyboard & Rahasia Fungsinya Secara Lengkap

Ingin mengakses komputer atau mengetik secara lebih cepat? Gunakan fungsi tombol keyboard! Keyboard merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer dengan berbagai macam tombol dengan fungsi berbeda-beda. Keyboard menjadi alat perintah vital bagi komputer  agar bekerja sesuai perintah, misal membuka menutup dokumen, mengetik,  perintah print out (mencetak dokumen) dan mengakses semua hal yang berhubungan dengan komputer.  Ada beberapa macam cara kerja tombol-tombol keyboard. Ada operasi yang hanya membutuhkan satu tombol, ada yang dua atau tiga tombol sekaligus. Contoh: jika kita tombol "C" maka terketik huruf C, akan tetapi jika kita tombol "ctrl+C" (tombol ctrl ditobol bersama tombol C) maka perintah yang diterima komputer menjadi mengcopy atau menyalin. Mengarahkan pointer menuju icon copy pada layar komputer membutuhkan waktu lebih lama dibanding menombol  "ctrl+C". Jadi, menggunakan trik tombol keyboard akan mempercepat kita dalam mengakses

Media Belajar : Dakon Satuan Untuk Mengubah Satuan Panjang

Mengubah Satuan Panjang dengan Dakon Satuan, mudahkah? Satuan baku untuk panjang dalam Sistem Internasional adalah meter (m). Turunan dari satuan meter termasuk kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).  Urutan tangga konversi satuan-satuan tersebut adalah : km - hm - dam - m - dm - cm - mm.  Urutan tersebut berurutan dari ukuran yang paling besar sampai ukuran yang terkecil, dimana ukuran satuan di sebelah kiri 10 kali lipat daripada ukuran satuan  yang tepat di sebelah kanannya. Contoh : 1 km = 10 hm.  Dari pengertian sederhana di atas, para guru menggunakan media tangga satuan dan sering diperdengarkan "jika turun satu tangga kali 10 jika naik tangga bagi 10". Akan tetapi instruksi sederhana ini kadang menjadi hal yang sulit diproses oleh pemikiran siswa terutama siswa tingkat dasar.  Baca juga   Media Belajar Dakon Satuan Alternatif lain yang dapat digunakan yaitu Media Belajar DAKON SATUAN. Seperti apaka

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris : T I M E (Membaca Jam)

Belajar dan Mengajarkan Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris itu mudah! Penyebutan waktu ada dua jenis, yaitu sistem 24 jam dan sistem 12 jam. Indonesia menggunakan sistem 24 jam. Tempat-tempat yang menggunakan Bahasa Inggris menggunakan sistem 12 jam, yakni hanya menyebutkan waktu sampai pada angka 12 saja, sesuai dengan jumlah angka pada jam. Pembedanya ada pada istilah "a.m" (ante meridiem / before midday) dan "p.m" (post meridiem / past midday).  ➽Pukul 24.00 - 11.59 digunakan a.m.  ➽Pukul 12.00 - 23.59 digunakan p.m. Tips Mudah Belajar Penyebutan Waktu Beberapa tips dan langkah mudah untuk menyebutkan waktu dalam Bahasa Inggris, sebagai berikut : 🔀Hafal angka mulai 1 - 59 dalam Bahasa Inggris baik penulisan maupun pengucapan. 🔀Identifikasi angka jam dan angka menit . 🔀Ucapkan menit dulu baru angka jam . 🔀 Menggunakan tiga istilah, yaitu O'clock , past , atau to . 🔀Gunakan istilah a half untuk 30 menit dan a quarter un

Membuat Sertifikat Siswa Mudah dan Cepat dengan Mail Merge

Tugas menggunung memaksaku belajar! Well, sebagai seorang guru di satu SD Negeri di daerah, juga diberi tanggung jawab sebagai Operator Sekolah_Ops istilah kerennya_ sambil kibas rambut 🙆, tidak hanya memiliki tanggung jawab di kelas, saya juga diberi "kesempatan" ( baca: tugas tambahan ) untuk mengelola administrasi di sekolah. Operator Sekolah ini pada awalnya diberi SK hanya untuk meng-entry-kan data pada Aplikasi Dapodik dan sinkronisasi online, pokoknya segala tetek bengek Dapodik. Akan tetapi, dengan ketidak adanya tata usaha (TU) di SD, ya akhirnya Ops memperoleh "kesempatan" lebih lagi 😆 alias sebagian besar administrasi sekolah, Ops lah yang sikat, wuuuuzzzz!  Eiiittsss, Bukan mengeluh ya! Saya ajak siapapun yang menjadi Ops bangga, bersyukur, kalau perlu tasyakuran beneran 😂 Saya merasakan sendiri, meski kadang kehabisan tenaga mengerjakan tugas-tugas yang bahkan harus tidak jarang harus dibawa pulang, saya dipaksa belajar dan terus belaj

Cara Mudah Mencari Akar Pangkat Dua dan Akar Pangkat Tiga

Menentukan Akar Pangkat Dua dan Akar Pangkat Tiga. Cara mudah menentukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat (100 - 10.000) Agar dapat menentukan akar pangkat dua suatu bilangan, perlu untuk menghafal bilangan kuadrat dari 0 - 81 sebagai berikut: Untuk menentukan akar pangkat dua suatu bilangan, ikuti langkah berikut: 1. Tulis bilangan kuadrat yang akan dicari nilai akarnya dengan memberi titik setelah angka kedua dari belakang.  (7.396 ditulis 73.96). 2. Untuk bilangan yang di depan titik, cari bilangan kuadrat yang sama atau kurang dari (yang terbesar) dan tuliskan di bawahnya.  (64 adalah bilangan kuadrat terbesar kurang dari 73. 64 berasal dari 8 kuadrat). 3. Untuk bilangan yang di belakang titik, perhatikan angka satuan, carilah bilangan kuadrat yang angka satuannya sama. Jika yang sama ada dua maka tulis keduanya. (angka satuan 6, bilangan kuadrat yang berangka satuan 6 adalah 16 dari 4 kuadrat dan 36 dari 6 kuadrat). 4. Jika terdapat dua kemung

Media Belajar : Dakon Satuan Untuk Mengubah Satuan Berat

Mengubah Satuan Berat dengan Dakon Satuan, mudahkah? Satuan baku untuk beratdalam Sistem Internasional adalah gram (g). Turunan dari satuan gram termasuk kilogram (kg), hektogram (hg), dekagram (dag), desigram (dg), centigram (cg), dan miligram (mg).  Urutan tangga konversi satuan-satuan tersebut adalah : kg - hg - dag - g - dg - cg - mg.  Urutan tersebut berurutan dari ukuran yang paling besar sampai ukuran yang terkecil, dimana ukuran satuan di sebelah kiri 10 kali lipat daripada ukuran satuan  yang tepat di sebelah kanannya. Contoh : 2 hg = 20 dag. Selain tujuh satuan di atas, dalam pengukuran berat juga gunakan satuan ton dan kuintal. 1 ton = 10 kuintal = 1000 kg. Dari pengertian sederhana di atas, para guru menggunakan media tangga satuan dan sering diperdengarkan "jika turun satu tangga kali 10 jika naik tangga bagi 10". Akan tetapi instruksi sederhana ini kadang menjadi hal yang sulit diproses oleh pemikiran siswa terutama siswa tingkat dasar. Baca pula Media Bel